8 Anime Paling Terkenal dan Terpopuler di Indonesia (Pernah Tayang di TV Nasional)

Saatnya saya menulis artikel tentang anime lagi, kali ini kita akan membahas tentang deretan anime yang paling terkenal di Indonesia. Mungkin di era 90an dan awal 2000an menjadi masa keemasan anime di Indonesia dengan banyak sekali judul anime yang masuk dan tayang di televisi Indonesia.

Saat ini anime memang jarang tayang di Indonesia, tidak ada lagi anime keluaran baru yang tayang di tv tanah air kecuali Naruto dan Doraemon. Sehingga masyarakat Indonesia kini kurang mengetahui anime-anime apa sajakah yang sedang populer, kecuali para pecinta anime yang sudah otaku yang tahu perkembangan seputar anime lewat internet.

Berikut ini saya mencoba merangkum anime-anime dari berbagai genre yang pernah booming dan sangat populer di Indonesia.

1. Dragon Ball

Tidak ada anak 90an yang tidak mengenal Dragon Ball. Anime dan manga karangan Akira Toriyama ini memang sangat legendaris dan populer di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Dragon Ball pertama kali tayang di Indosiar pada pertengahan 90an dan sejak saat itu Dragon Ball menjadi sangat digilai oleh remaja dan anak-anak di tanah air. Manganya sendiri di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo hingga tamat dan baru-baru ini telah diterbitkan ulang.

2. Naruto

Nah, kalau yang ini tidak perlu dijelaskan lebih jauh lagi, semua pasti sudah tahu tentang Naruto. Saking populernya di Indonesia, orang-orang di negara kita kebanyakan tahunya tentang Naruto dan bahkan seolah-olah Naruto sudah menjadi anime tunggal di Indonesia. Naruto mulai ditayangkan pada 2007 di Global TV dan sudah tak terhitung berapa kali diulang-ulang.

3. One Piece

Sebagai anime dan manga yang sangat laris di dunia, One Piece juga sangat populer di Indonesia walaupun kini One Piece sudah dilarang tayang di tv nasional karena berbagai alasan. Fans One Piece di Indonesia biasanya berasal dari yang sudah ‘veteran’ atau orang-orang yang sudah dewasa dan sudah mengikuti One Piece sejak lama. One Piece tayang di RCTI pada awal 2000an kemudian pindah ke GTV pada akhir 2000an dan akhirnya dilarang tayang oleh KPI.

baca juga:  10 Film Anime Paling Seru dan Terbaik Sepanjang Masa

4. Doraemon

Bisa dibilang Doraemon adalah anime paling awet dan langgeng masa penayangannya di Indonesia. Dulu Doraemon tayang di TVRI di era 80an kemudian saat RCTI berdiri (1989) Doraemon langsung tayang setiap hari minggu pagi dan hingga sekarang Doraemon masih terus rutin ditayangkan. Kepopuleran Doraemon di Indonesia memang sudah ‘mendarah daging’, banyak orang-orang dewasa di Indonesia yang masa kecilnya dilalui bersama Doraemon.

5. Crayon Shinchan

 

Shinchan pertama kali tayang di RCTI pada tahun 2000 dan langsung menjadi populer. Terlepas dari kontroversinya, Crayon Shinchan adalah anime yang kocak yang sebenarnya bukanlah untuk ditonton oleh anak kecil karena humornya yang cenderung agak absurd. Shinchan berhenti tayang beberapa tahun yang lalu karena dilarang dan dianggap tydack mendydyck.

6. Sailor Moon

Kalau yang satu ini anak-anak zaman now pasti banyak yang tidak tahu karena anime ini populernya di era 90an. Sailor Moon adalah anime magical girl yang sangat populer di Indonesia, tayang pada pertengahan 90an di Indosiar, Sailor Moon terkenal dengan jargonnya “Dengan kekuatan bulan aku akan menghukummu!”. Gadis-gadis cantik ini sudah pasti dikenal oleh anak-anak generasi 90an.

7. Captain Tsubasa

Anime tentang sepakbola ini sangat populer di Indonesia pada era awal 2000an dan tayang di TV7 (Sekarang Trans 7). Kapten Tsubasa menjadi anime sepakbola yang sangat digandrungi anak-anak Indonesia dengan segala adegan-adegan absurd yang tidak masuk akalnya.

8. Detektif Conan

Manga Detective Conan di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dan sampai sekarang masih terbit. Namun untuk animenya sendiri sudah berhenti tayang sejak beberapa tahun lalu. Padahal sejak tayang pertama kali di Indosiar pada awal 2000an, Detektif Conan sudah menjadi anime yang sangat populer di Indonesia.

baca juga:  Review Anime: Isshuukan Friends (2014)

Nah, segitu saja dulu anime yanh sangat populer dan pernah tayang di Indonesia-nya. Sebenarnya cukup banyak, tapi saya mengambil hanya 8 yang dianggap benar-benar sangat populer dan mudah untuk dilupakan oleh pecinta anime.

Artikel Seru Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi