7 Gadget Terburuk dan Paling Gagal Sepanjang Sejarah

Smartphone paling berpengaruh di dunia sepanjang sejarah? Jawabannya adalah iPhone generasi pertama yang dirilis pada 2007. Tapi apa saja gadget paling buruk dan menjadi produk gagal? Jawabannya cuku banyak.
Dari semua produk yang dikeluarkan oleh perusahaan raksasa teknologi tidak semuanya berhasil dan sukses di pasaran, ada kalanya perusahaan kelad dunia pun harus merasakan kegagalan ketika produk yang dibuatnya tidak sesuai dengan ekspsektasi para konsumen karena terlalu banyak kekurangan yang tidak diperhitungkan sebelumnya. Mulai dari smartphone, hingga gadget yang aneh inilah beberapa produk terburuk dan produk gagal sepanjang sejarah dalam dunia teknologi.

1. Blackberry Playbook


Tergiur dengan kesuksesan iPad yang fenomenal itu, Blackberry meluncurkan sebuah produk tablet yang diberi nama Blackberry Playbook. Namun bukannya meraih untung layaknya Samsung yang mengeluarkan seri Galaxy Tab, Blackberry Playbook malah menuai kritik dari para penggunanya. Mulai dari software yang kurang mumpuni, dukungan aplikasi yang minim, hingga berbagai masalah yang muncul saat para pengguna mengoperasikannya dan yang paling fatal adalah Playbook harus terkoneksi dengan Blackberry device yang menjadikan pemakaian yang kurang efesien.

2. Microsoft Zune


Tergiur dengan kesuksesan besar Apple yang merilis iPod dan menjadi salah satu pemutar musik paling berpengaruh. Microsoft meluncurkan produk pemutar musik milik mereka, Zune. Entah karena alasan apa, Microsoft kurang laku di pasaran dan kalah telak oleh iPod meskipun dalam cara pengisian lagu Zune lebih mudah. Nama besar dan kualitas sangat berpengaruh dalam persaingan ini.

3. Nokia N-Gage


Merupakan salah satu produk iconic yang pernah dirilis oleh Nokia di mana Nokia N-Gage mempunyai desain yang inovatif dan unik serta dibuat guna menyaingi console portable yang saat itu dikuasai oleh Nintendo Gameboy Advance karena N-Gage memang ditujukan sebagai ponsel gaming berbasis Symbian di masanya. Namun N-gage dianggap sebagai produk gagal karena bentuknya yang dianggap aneh bagi sebagian orang, speaker yang berada di pinggir, hingga kurangna devoloper untuk membuat game di N-Gage

4. Samsung Galaxy Note 7


Seri Galaxy Note dari Samsung adalah seri flagship yang selalu ditunggu oleh para fanboy Samsung setiap tahunnya dikarena seri Note selalu mempunyai kualitas tingkat tinggi dan benar-benar premium. Namun apa yang terjadi pada Galaxy Note 7 adalah sebuah mimpi buruk, Galaxy Note 7 yang sudah beredar dikabarkan meledak karena terjadi kegagalan di dalam hardwarenya. Alhasil, produk ini ditarik dan dibatalkan kemudian langsung melompat ke Galaxy Note 8.

5. Apple Newton


Jauh sebelum Apple membuat iPad yang feneomal itu, Apple semasa Steve Jobs keluar dari perusahaannya itu pernah merilis perangkat bernama Apple Newton yang berupa tablet berlayar monochrome dan harus menggunakan stylus untuk mengoperasikannya. Hasilnya adalah kegagalan total di saat Apple terancam bangkrut dan Apple Newton menjadi bahan olok-olok dalam serial kartun The Simpsons.

6. Windows Phone dan Windows Mobile


Bermaksud hati ingin menjadi orang ketiga di antara persaingan Android dan iOS, Microsoft bertekad untuk mengembangkan Windows Phone dan mengubah Nokia yang sudah dibelinya menjadi jajaran produk Microsoft Lumia. Namun konsumen di seluruh dunia hanya sedikit yang tertarik dengan Windows Phone yang dikarenakan minim aplikasi, banyak kekurangan, hingga terjadinya ‘PHP’ terhadap janji-janji update Windows 10 Mobile yang pada akhirnya penjualan Windows Phone dan Windows 10 Mobile anjlok dan Microsoft akhirnya mengibarkan bendera putih kemudian berhenti membuat ponsel pintar.

7. Blackberry Z10


Setelah kegagalan Playbook, lagi-lagi Blackberry menuai kegagalan kala merilis Blackberry Z10 yang sudah mengusung Blackberry OS 10 yang awalnya dianggap akan bisa bersaing dengan Android dan iOS. Namun karena saat itu Android baru saja menggila dan iOS semakin tak terbendung, penjualan BB Z10 sungguh di bawah perkiraan hingga harganya yang menjadi anjlok dengan drastis. BB Z10 menjadi awal mula runtuhnya kejayaan Blackberry.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi