Android

5 Aplikasi Android Paling Tidak Berguna Dan Sebaiknya Kamu Uninstal Sekarang Juga

Disadari atau tidak, jumlah aplikasi di Play Store yang berjumlah jutaan itu tak semuanya dapat bermanfaat bagi smartphone Android kita. Banyak aplikasi yang hanya jualan gimmick dan bahkan hanya memenuhi storage atau bahkan jualan iklan saja. Banyak yang bilang ponsel pintar belum tentu orang yang memakainya juga pintar, banyak pemakai pemakai smartphone terutama pengguna Android yang menggunakan aplikasi padahal aplikasi tersebut tidak perlu-perlu amat untuk diinstal. Nah, aplikasi apa sajakah itu?

1. Clean Master



Yang pertama adalah Clean Master, aplikasi ini memiliki jumlah download yang sangat banyak yaitu 500 juta. Selain itu, Clean Master juga sering terinstal sebagai aplikasi bawaan beberapa Android lokal. Fungsi Clean Master adalah membersihkan dan melegakan RAM dan membersihkan file cache. Sebenarnya hal tersebut bisa dibilang setengah sia-sia, karena untuk membersihkan RAM kebanyakan smartphone zaman now sudah ada fitur untuk melakukannya dan walaupun dibersihkan menggunakan Clean Master RAM tetap akan terisi kembali oleh aplikasi yang berjalan di background.

2. Fan Cooler


Sesuai dengan namanya, aplikasi ini katanya berfungsi untuk mendinginkan suhu Android kita. Sungguh ajaib bukan? Namun pada kenyataannya tidak demikian, aplikasi ini tidak membawa dampak apapun. Karena tentu saja butuh hardware tertentu untuk dapat menstabilkan suhu smartphone. Bagaimana mungkin sebuah aplikasi bisa menjadi kipas pendingin?

3. Semua Aplikasi Penghemat Baterai


Semua pengguna Android ingin baterainya awet dan pemakaian yang lebih lama karena tentu saja menyebalkan bila harus banyak mencharge. Banyak orang mencari cara baterainya tetap awet yaitu dengan mendownload aplikasi penghemat baterai yang bertebaran di Play Store. Namun hal tersebut adalah sia-sia dan nyaris tidak berdampak apa-apa selain memenuhi storage dan RAM android kita. Ingin baterai awet? Pilihlah Android yang mempunyai kapasitas mAh yang besar, minimal 3000 mAh.

4. Facebook


Kaget? Ya, aplikasi Facebook di Android sebenarnya lebih banyak kerugiannya daripada kelebihannya. Selain maruk konsumsi baterai dan maruk RAM, aplikasi ini juga terpisah dari aplikasi messenger itu sendiri alias harus mendownloadnya secara terpisah. Namun yang saya tekan di sini adalah aplikasinya bukan sosial media Facebook-nya. Kamu lebih baik menggunakan web brower jika ingin menggunakan facebook atau instal aplikasi Facebook Lite yang lebih ramah terhadap storage dan RAM.

5. Semua Aplikasi Bawaan Pabrik Yang Tidak berguna


Aplikasi bawaan pabrik dari brand Android tertentu yang tidak dapat dihapus begitu saja, padahal aplikasi tersebut sama sekali tak berguna bagi si pemakai. Contohnya aplikasi promo produk tertentu atau aplikasi yang berupa toko seperti play store yang sebenarnya itu tidak penting-penting amat. Karena semuanya sudah ada di Play Store. Cara menghapus bloatware yang bandel adalah dengan melakukan root pada perangkat terlebih dahulu.

Hilman Sky

Seorang penulis novel dan blogger yang mencintai dunia film dan anime

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*Wajib diisi